-->

Simulasi Arduino UNO Lampu LED Berjalan Dengan Proteus 8

Simulasi Arduino UNO Lampu LED Berjalan Dengan Proteus 8 - Sebelum melakukan simulasi saya akan menjelaskan sedikit mengenai arduino dan proteus ini. Arduino merupakan sebuah rangkaian elektronik yang memiliki suatu komponen utama chip mikrokontroler. Dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang, perangkat keras ini di bandrol dengan harga puluhan ribu hingga ratusan ribu.
Proteus yang merupakan sebuah software simulasi dapat kita gunakan untuk mendesain rangkaian dan PCB akan sangat membantu bagi kalian yang ingin belajar namun tidak mempunyai biaya untuk membeli mikrokontroler tersebut.


Sebelum memulai simulasi tentunya kita harus menyiapkan bahan-bahan nya terlebih dahulu :D berikut bahan-bahan yang diperlukan:

  • Java JDK, dibutuhkan untuk menjalankan program Arduino IDE. bisa kalian unduh di oracle.com
  • Arduino IDE, sebagai program compile/upload sketch. bisa kalian unduh di ardunio.cc
  • Proteus, sebagai software simulasi. disini saya menggunakan versi 8 Professional silakan cari di google softwarenya xD.
  • Arduino Libs, di proteus 8 belum tersedia komponen Arduino UNO jadi kita memasukannya secara manual. silakan unduh disini

Silakan kalian install semua software diatas, setelah menginstall Proteus silakan kalian copy file Arduino Libs (ARDUNIO.IDX & ARDUINO.LIB) kedalam folder LIBRARY Proteus yang sudah kalian install.
Umumnya folder Library Proteus kalian berada di C:\Program Files\Labcenter Electronics\Proteus 8 Professional\LIBRARY atau C:\Program Files (x86)\Labcenter Electronics\Proteus 8 Professional\LIBRARY. Setelah semua persiapan silakan langsung simak saja

Step 1: Persiapan Proteus

Buka program Proteus menggunakan Run as Administrator agar si proteus ini dapat mengakses folder LIBRARY yang berada di Local Disk (C:)
Setelah itu buat project baru atau New Project, tinggal Next-next aja gak usah di setting eheheh

Kemudian tambahkan komponen-komponen yang kita butuhkan dengan cara klik lambang P (Pick Devices) pada bagian Schematic Capture, silakan gunakan fitur pencarian dengan menulis keyword komponen yang kalian cari, kemudian klik 2 kali pada komponen yang ingin kita tambahkan.

Disini kita membutuhkan komponen Arduino UNO R3 dan LED Blue, Red, Yellow, atau Green sesuai selera kalian xD.

Step 2: Desain & Menghubungkan Komponen

Pada tahap ini kita akan merancang atau menggabungkan komponen-komponen yang ada.
Pilih komponen pada bagian Devices Selector kemudian masukan satu-satu kedalam lembar kerja dengan cara memilih Device kemudian klik kanan pada lembar kerja untuk menempelkan nya.


Setelah itu kita perlu menghubungkan Lampu LED ke Arduino dengan cara Klik kanan pada ujung Pin Arduino kemudian tarik garis ke bagian ujung atas Lampu LED seperti gambar dibawah.

ita perlu menambah satu komponen lagi yaitu Ground (GND). Pilih Terminal Mode pada Schematic Capture kemudian pilih Ground dan tempelkan pada ujung bawah Lampu LED.

ira-kira hasil akhirnya seperti ini, silakan kreasikan sendiri :D tapi ingat ya Lampu LED harus terhubung dengan Arduino dan Ground.

Step 3: Compile Syntax/Sketch Arduino

Buka Ardunio IDE, kemudian pilih File > Preferences > centang pada bagian Compilation pada Arduino IDE.

Copy Paste Syntax berikut kedalam Arduino IDE kemudian Compile dengan cara mengklik tanda ceklis atau dengan cara tekan Ctrl + R.


Setelah proses Compile selesai cari file berektensi .hex pada bagian bawah Arduino IDE kemudian Copy dengan cara memblok lokasi file dan tekan CTRL + C.


Step 4: Memasukan Sketch & Menjalankan

Pada tahap akhir ini kita akan memasukan Sketch ke dalam Ardunio yang berda di Proteus.
Kembali ke Proteus kemudian klik 2x (Double Click) pada komponen Arduino yang berada pada lembar kerja dan Paste file .hex yang sudah kita Copy pada Arduino IDE setelah itu klik OK.

Setelah semua proses selesai klik tombol Play pada bagian pojok bawah Proteus untuk menjalakan projek yang kita buat, dan jika berhasil Lampu LED akan menyala satu-persatu dari kanan ke kiri.

Sekian artikel Simulasi Arduino UNO  Lampu LED Berjalan Dengan Proteus 8. Semoga bermanfaat dan Jika ada yang tidak jelas silakan jangan sungkan untuk berkomentar .

Powered by Blogger